Posts

Showing posts from October 31, 2014

Bullying di Indonesia

Image
Sebelum kalian membaca lebih jauh tulisan ini, baiknya kalian harus tahu dulu apa itu Bullying supaya bahasan kita nyambung.
Nah setelah kita memahami apa itu Bullying, baiklah akan aku berikan sedikit contoh contoh Bullyng yang terjadi di Indonesia, yang mungkin kita sendiri pernah menjadi pelaku maupun korban dari kegiatan Bullying ini. Yuk simak.
Bullying di Indonesia
1. Julukan Menghina.
Hal ini seringkali dilakukan oleh para remaja yang memanggil nama orang lain dengan panggilan yang tidak menyenangkan, tanpa kalian sadari, bahwa sikap tersebut adalah Bullying, parahnya dulu saya sering mendengar seorang teman memanggil nama temannya dengan nama bapak temannya.
2. Mengancam/mengintimidasi
Hal ini sering terjadi, sebagai contoh adalah seseorang yang mengacungkan senjata tajam, atau kalaupun tidak sesorang yang melototi mata bisa menjadi bagian dari Bullying jenis ini
3. Mengusik
Terus Menerus Mengusik dan mengolok olok dengan kata-kata kasar dan menyinggung perasaan yang membuat …

Mimpi yang dipudarkan zaman

"Nanti kalau sudah besar Bang io pengen jadi apa?"
"Pilot, Bang io mau jadi pilot"
"Kenapa?"
"Bisa telbang, Bang io pengen bisa telbang"

Ouh.... masa kecil yang indah, dengan mimpi yang indah, kehidupan yang diwarnai dengan sejuta impian, dikelilingi oleh keluarga dan orang-orang yang mencintaiku. dikelilingi dengan semangat-semangat yang didasari pada kasih sayang Bunda.
Walau kini Ibuku telah tiada, namun darahnya yang mengalir di ragaku tetap membuat namanya abadi dalam hidupku.
Diatas adalah petikan obrolan antara aku dengan ibuku. saat itu aku masih kecil, hal ini aku dapat dari cerita orang, sebab aku sendiri sudah tidak ingat lagi tentang percakapan yang konon lebih dari seratus kali aku ucapkan tersebut. Sebenarnya tidak hanya ingin menjadi pilot, Io kecil juga sempat bermimpi untuk menjadi Presiden, entah apa alasanku memilih dua profesi ini sebagai impian.
Mungkin karena nilai mereka saat itu yang teramat luar biasa, siapa yang tidak …

Tembawang

Tembawang adalah sebuah areal kelola masyarakat yang lestari dan berkelanjutan, tembawang digunakan sebagai penyamaan istilah, sebab di kalangan masyarakat dayak di Kalimantan Barat benyak variasi atau istilah lokal dari tembawang ini
Sebagai contoh masyarakat desa Balai Agas, menyebut tembawang dengan nama Kelokak Temawank. Apa yang istimewa dalam tembawang ini? ternyata tembawang itu ibarat sebuah kota, didalamnya ada manusia, insfratruktur dan lain sebagainya. Nah kalau di dalam tembawang juga ada manusia, ada tempat keramat, ada sayur mayur, ada buah buahan, ada sumber mata air. Intinya, masyarakat tidak perlu bersusah payah, sebab semua kegiatan bisa dilakukan didalam tembawang.
Ya.... benar, semuanya ada di tembawang!!! lain dulu lain sekarang, saat ini tembawang yang ada sudah tidak se-lestari dulu. Apa sebabnya? semua ini akibat dari kegiatan manusia yang teramat serakah.
Jika dulu mau masak ikan tinggal mancing ke sungai di Areal tembawang, saat ini mancing kemana? Ikan-ikan …