Posts

Showing posts from June 14, 2014

Gaya Berkomunikasi

Image
dalam berkomunikasi, ada beberapa tehnik dan gaya yang biasanya dilakukan oleh sesorang, baik kawan, yuk kita berkenalan dengan gaya - gaya tersebut :
1.   Orang visual     :
blak – blakan, nada bicara lantang,  suka melihat gambar, sering terganggu dengan kebisingan,  penggunaan warna dan dekorasi, informasi yang dikemas secara grafik dan gambar.
2.   Orang auditory :  sering menggerakkan mata mereka ke samping, mereka belajar dengan cara mendengarkan, dan biasanya suka musik, ingat melalui langka-langkah, prosedur dan urutan,  enak di dengar karena menggunakan intonasi yang variatif.
3.   Orang kinestatik : biasanya menarik nafas dengan dalam, sering bergerak dan berbicara sangat pelan,memasukkan perasaan dan emosi mereka untuk mendapatkan rasa atas apa yang mereka lakukan. merespon dengan fisik dan sentuhan. Biasa berdiri lebih dekat dibanding dengan orang “ visual “ dengan lawan bicara. sering berorientasi fisik, aktif bergerak, kadang tidak bisa diam
4.   Orang auditory digital : mengha…

Tembawang

Image
Tembawang menurut pemahaman umum, merupakan sebuah sistem kompleks dalam pengelolaan hutan dan lahan bagi mayoritas suku Dayak di Kalimantan Barat. Sistem yang sudah lama dikenal ini merupakan kombinasi pemukiman, kebun, dan hutan. secara umum, didalam Tembawang terdapat pembagian areal pengelolaan meliputi pemukiman, hutan alam, hutan sekunder, kebun karet, ladang, kebun buah-buahan, dan lain sebagainya. Tembawang juga merupakan salah satu sumber penghidupan bagi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pangan, konstruksi dan pemukiman, serta sumber obat-obatan tradisional.
Sebagai salah satu sumber penghidupan, tembawang memiliki sumber daya alam yang luar biasa. Mulai dari hasil kayu seperti bengkirai, meranti, bambu dll yang berguna bagi keperluan konstruksi dan kerajinan tangan, berbagai jenis tanaman pangan, serta tanaman buah-buahan musiman seperti durian, tengkawang, dan lain sebagainya yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Namun, lemahnya pemahaman masyarakat tentang pengelolaan tem…