The art of publishing

Memaknai Expo Tembawang 2014

Expo Tembawang 2014 adalah sebuah kegiatan yang memamerkan produk-produk Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) atau dalam bahasa asing dikenal dengan Non Timber Forest Product (NTFP), Expo Tembawang 2014 dilaksanakan di Gedung Taman Budaya Pontianak, 8-9 Desember 2014.

Expo Tembawang 2014 adalah sebuah event yang di Organize oleh Perkumpulan Sampan Kalimantan, sebagai salah satu bentuk apresiasi kepada masyarakat kalimantan barat yang telah melestarika dan melindungi tembawang. Bagi anda yang belum mengetahui arti tembawang, silahkan baca : Pengertian Tembawang.

Expo Tembawang 2014
Expo Tembawang 2014
Expo Tembawang 2014 ini, selain memamerkan produk produk tembawang, Pada tanggal 8 Desember 2014, akan dibuka dengan sebuah seminar dengan tema "Mendorong Pengakuan Dan Perlindungan Tembawang Sebagai Praktik Terbaik Pengelolaan Hutan dan Lahan oleh Masyarakat".

Untuk memeriahkan Expo Tembawang 2014 ini, pada tanggal 9 Desember 2014 nanti juga akan diselenggarakan Parade Musik "Save Tembawang" yang akan menampilkan Spoer, salah satu band asal Yogyakarta yang meneriakkan keadilan dan lingkungan. Ada juga band band lainnya yang akan menghibur para audience yang hadir.

Kegiatan Expo Tembawang 2014 ini terbuka bagi siapa saja yang mau datang untuk menyaksikan sebuah event pertama di Kalimantan Barat ini yang mengangkat tema tembawang.

Lalu apa tujuan dari expo tembawang? dibawah ini adalah pendapat saya untuk memaknai Expo Tembawang 2014.

Memperkenalkan Fungsi dan Manfaat Tembawang

Memperkenalkan fungsi dan manfaat Tembawang sebagai salah satu praktik terbaik pengelolaan hutan dan lahan oleh masyarakat serta Temawang sebagai salah satu pilar penting bagi keberlanjutan kehidupan masyarakat memiliki manfaat ekonomi, ekologi, tradisi seni dan budaya.

Komitment Parapihak


Kmitmen parapihak tentang pentingnya pengakuan dan perlindungan temobawang sebagai praktik terbaik pengelolaan hutan dan lahan oleh masyarakat sehingga eksistensi ekonomi, ekologi, seni dan budaya dapat terus terjaga.

Sebuah Apresiasi Kepada Masyarakat


Selama ini, masyarakat telah menjaga dan melindungi tembawang, sebab seperti yang kita ketahui, didalam tembawang ada beberapa nilai, salah satunya adalah bahwa didalam tembawang terdapat nilai Budaya, dan dengan melestarikan budaya, disadari atau tidak, masyarakat kalimantan telah melakukan konservasi, lewat expo tembawang 2014 ini, Perkumpulan Sampan Kalimantan memberikan apresiasi kepada mereka.

Tanpa disadari oleh masyarakat, Pelestarian budaya dan hukum adat yang telah mereka lakukan, adalah sebuah bentuk penyelamatan budaya, pada artikel pengertian tembawang sudah saya sampaikan bahwa tembawang juga memiliki nilai ekologi, pohon pohon didalam tembawang akan menyerap emisi karbon.

Salah satu kegiatan pelestarian yang dilakukan oleh masyarakat adalah menanam pohon di areal kritis, seperti yang saya tulis dalam artikel dibalik sebatang pohon kecil beberapa waktu yang lalu.

Jadi pelestarian temabawang ini akan berkontribusi terhadap dunia, jika boleh saya istilahkan, perlindungan dan pelestarian tembawang ini adalah "Tindakan Kecil Berdampak Besar" (Huft seperti dalam iklan saja).

Memberikan Kesadaran Kepada Masyarakat | Tembawang sebagai Ketahanan Pangan


Ribuan tahun lalu, ketika belum ada pabrik yang memproduksi bahan makanan, masyarakat dapat bertahan hidup adalah berkat jasa alam, mau memasak tinggal pergi saja ke tembawang, mau minum air segar tinggal mengambil tebu di Tembawang, jadi ketergantungan masyarakat terhadap tembawang ini sudah berlangsung sangat lama.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan dunia industri yang pesar, globalisasi besar besaran, ketergantungan masyarakat kepada tembawang masih sama, tidak bisa di pungkuri bahwa saat ini, tembawang adlah satu-satunya aset termahal yang masyarakat miliki.

Membangun Tembawang adalah sama dengan membangun ketahanan pangan, didalam tembawang terdapat banyak sekali biodivertsity. 

Tag : Opini
0 Komentar untuk "Memaknai Expo Tembawang 2014"

Adab berkomentar : #1 Dont OOT #2 Jangan Nyepam #Bukan Link Hidup Komentar yang dianggap SPAM akan dihapus secara otomatis

Back To Top