The art of publishing

Liburan Akhir Tahun Ke Pontianak Yuk

Pontianak adalah ibukota provinsi Kalimantan Barat yang biasanya disebut juga dengan nama Bumi Khatulistiwa. Provinsi dengan ekosistem lengkap ini memberikan banyak pilihan kepada kita untuk berkunjung ke Pontianak dengan embel-embel ber wisata.

Sebentar lagi, kita akan bertemu dengan tahun baru 2015, akhir tahun selalu menjadi moment tepat untuk melakukan perjalanan pariwisata, namun banyak juga dari kita yang sampai saat ini belum tau akan kemana kita melakukan perjalanan. sebab banyaknya pilihan yang ditawarkan oleh biro pariwisata. oleh karena itu, saya yang bukan orang travel, ingin memberikan kepada anda informasi mengenai wisata pontianak yang bisa anda jadikan pertimbangan kemana anda akan berlibur akhir tahun ini.

Berada di Garis Lintang Nol Derajat, dengan Ekosistem beragam, membuat kota pontianak, umumnya Kalimantan Barat memiliki pilihan wisata yang beragam, mulai dari wisata alam Pontianak, wisata budaya Pontianak sampai wisata kuliner pontianak. dibawah ini beberapa pilihan wisata di kota pontianak yang bisa menjadi tempat berlibur akhir tahun anda.

Dengan hutan hujan tropis, Pontianak menawarkan alam eksotis yang tiada bandingannya, nah dimana saja wisata alam yang ada di pontianak? berikut beberapa pilihan wisata alam di Pontianak umumnya di Kalimantan barat yang bisa anda kunjungi.

Keraton Kadriah


Wisata di Kota Pontianak
Istana Kadriah
Keraton Kadriah adalah sebuah Istana yang berada di Kota Pontianak, Istana ini merupakan peninggalan kesultanan Pontianak yang didirikan oleh Sultan Syarif Abdurrahman pada 14 Rejab 1185 H bersamaan 23 Oktober 1771M dan terletak 4 km dari pusat kota dan terletak di Kampong Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur. Istana ini masih menyimpan berbagai macam benda peninggalan seperti Singahsana, Kaca Pecah Seribu, Al-Quran tulisan tangan dan salasilah keturunan Sultan Pontianak dari sultan pertama, Sultan Sharif Abddurahman Alkadrie hingga kepada sultan kelapan, Sultan Syarif Hamid Alkadrie yang memerintah pada tahun 1945.

Pada kiri dan kanan Istana ini, kalian akan melihat meriam peninggalan belanda.

Taman Alun Kapuas


Wisata Di Kota Pontianak
Alun-Alun Kapuas (Korem)

Taman alun kapuas adalah sebuah taman yang terletak di depan kantor Walikota Pontianak, biasa disebut dengan nama Korem, taman yang berada di tepian sungai kapuas  ini menawarkan wisata kuliner terapung yang patut anda masukkan kedalam daftar tempat yang akan anda kunjungi di Akhir Pekan.

Tugu Khatulistiwa


Tugu Khatulistiwa Pontianak
Tugu Khatulistiwa Pontianak
Tugu Khatulistiwa Pontianak di bangun pada tahun 1928 oleh tim Exspedisi Geograpi Internasional yang di pimpin oleh seorang ahli Geograpi berkebangsaan Belanda, yang dilakukan secara Astronomi, artinya bahwa Pengukuran yang mereka Lakukan tanpa mempergunakan alat yang canggih seperti satelit atau GPS, mereka hanya berpatokan pada Garis yang tidak Smooth (garis yang tidak rata / bergelombang) serta berpatokan benda-benda alam seperti, rasi bintang (Ilmu Falaq).
Tugu Khatulistiwa yang asli terbuat dari kayu Belian (kayu Besi, atau kayu ulin) terdiri dari empat tonggak yang mana 2 buah tonggak bagian depan dengan tinggi 3,05 Meter dari permukaan tanah, dan 2 buah tonggak bagian belakang dengan tinggi 4,40 meter dari permukaan tanah. Keterangan symbol berupa anak panah menunjukan arah utara – selatan (lintang 0`derajat). Keterangan symbol berupa flat lingkaran yang bertuliskan EVENAAR yang artinya Khatulistiwa (bahasa Belanda) menunjukan belahan garis khatulistiwa atau batas utara dan selatan. Sedangkan plat dibawah arah panah ditulis 109°20’0”0LvGR artinya garis khatulistiwa di Kota Pontianak bertepatan dengan 109° garis bujur timur 20 menit 00 detik GMT.

Tugu khatulistiwa mempunyai beberapa tahap penyempurnaan yang dimulai dari tahun 1928 yaitu tahun 1930 yang disempurnakan adalah tonggak, lingkaran beserta tanda panah. Tahun 1938 disempurnakan lagi oleh arsitek Silaban adalah Lingkaran. Pada tahun 1990-1991 dibangun Duplikat/replika Tugu Khatulistiwa serta bangunan pelindung yang di bangun secara permanent berbentuk Kubah dan di resmikan pada tanggal 21 September 1991 Oleh Gubenur Kalimantan Barat Parjoko Suryo Kusomo.

Garis khatulistiwa membentang melingkari tengah-tengah dan membelah bumi menjadi 2 (dua) belahan yang sama yaitu Belahan Utara dan Belahan Selatan. Garis  khatulistiwa  melewati  beberapa  kota di Provinsi Kalimantan Barat, yakni :  Sekadau, Nanga Dedai  dan  beberapa provinsi di Indonesia, di antaranya: 1. Provinsi  Sumatra Barat. 2. Provinsi  Riau. 3. Provinsi  Kalimantan Tengah. 4. Provinsi  Kalimantan Timur. 5. Provinsi  Sulawesi Tengah. 6.Provinsi Maluku  7. Provinsi  Irian Jaya. Selain itu juga  garis  khatulistiwa  tersebut melintasi  5  (lima) Negara di Benua Afrika, yakni : Gabon, Zaire, Uganda, Kenya dan Somalia. Di Amerika  latin, Garis Khatulistiwa melintasi 4 (empat) Negara, yakni : Equator, Peru, Colombia dan Brazil.

Jika anda belum mengunjungi Tugu Khatulistiwa, berarti anda belum pernah ke Kota Pontianak, sebab Tugu Khatulistiwa adalah Ikon Wisata kota Pontinak.

Pulau Randayan.


Wisata di Kota Pontianak
Pulau Randayan
Pulau Randayan adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Kabupaten Singkawang Kalimantan Barat, Untuk tahu lebih jauh soal pulau randayan ini, silahkan anda baca artikel mengenai wisata alam pulau Randayan

Link : Wisata Alam Randayan

Bukit Jamur


Wisata Bukit Jamur
Sumber : Facebook Nizar Hartady
Bukit Jamur adalah nama sebuah bukit yang terletak di wilayah Kabupaten Bengkayang, pada pagi hari, saat masih ada kabut, kalian akan merakasan sensasi luar biasa, karena kalian seolah oleh sedang berada di atas awan, dimana kiri dan kanan kalian hanya melihat lautan awan. Huh Asyik sekali ya.

Danau Sentarum


Wisata di Kota Pontianak
Danau Sentarum
Danau seluas 132 ribu hektar ini terletak di Kabupaten Kapuas Hulu,Kalimantan Barat. Danau Alam Yang juga merupakan kantong utama sungai kapuas ini memiliki kekayaan yang luar biasa. Ditengah-tengan danau ini, terdapat sebuah bukit yang disebut dengan nama Bukit Tekenang. Anda harus datang kesana.

Baca Selengkapnya Mengenai Danau Sentarum di : Melihat Danau Sentarum Lebih Dekat

Bukit Kelam


Pemandangan Di Puncak Bukit Kelam Di Pagi Hari
Bukit Kelam merupakan salah satu obyek wisata alam yang eksotis di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Indonesia. Bukit yang telah menjadi Kawasan Hutan Wisata ini memiliki panorama alam yang memesona, yaitu berupa pemandangan air terjun, gua alam yang dihuni oleh ribuan kelelawar, dan sebuah tebing terjal setinggi kurang lebih 600 meter yang ditumbuhi pepohonan di kaki dan puncaknya.

Nah, itulah tadi beberapa Wisata Di Kota Pontianak yang patut anda kunjungi pada saat Liburan Tahun Baru Anda, Sebenarnya masih banyak Sekali Objek Wisata yang belum saya uraikan, seperti Pantai Pasir Panjang Singkawang, Wisata Alam Rombok Ketiur Di Kabupaten Landak, Air Terjun Gurung Berasap di Kabupaten Landak, Air Terjun Batu Licin di Kabupaten Melawi, dan Sebagainya, mudah-mudahan lain waktu saya bisa kembali menuliskannya untuk anda.
Tag : info
4 Komentar untuk "Liburan Akhir Tahun Ke Pontianak Yuk"

Destinasi wisata yang cukup potensial, syang untuk di pulau sendiri saja belum dijamah hhee.. maklum jarang liburan mas :v

Hahaha, iya, bisa di maklumi, semoga suatu saat kamu bisa berkeliling kalimantan :-)

Keren dong bro. Pontianak gitu. Hehe

Adab berkomentar : #1 Dont OOT #2 Jangan Nyepam #Bukan Link Hidup Komentar yang dianggap SPAM akan dihapus secara otomatis

Back To Top