The art of publishing

Pengertian Tembawang

Istilah tembawang dewasa ini sudah tidak asing lagi, seringkali kita mendengar kata Tembawang ini disebut, namun banyak juga pertanyaan tentang apa itu tembawang? artikel ini untuk menjelaskan tentang Pengertian Tembawang, sehingga anda tidak perlu bingung mencari apa arti tembawang.

Tembawang sebenarnya bukanlah nama tempat, selama ini banyak sekali mereka yang beranggapan bahwa tembawang adalah nama tempat atau nama lokasi, lalu apa pengertian tembawang

Tembawang adalah Sistem Penggunaan Lahan di Masyarakat Kalimantan Barat, yang dianggap sebagai sistem penggunaan lahan yang lestari dan berkelanjutan. tidak hanya memiliki kekayaan biodiversity saja.

Apa Arti Tembawang
Illustrasi Tembawang
Jadi Tembawang bukan nama tempat, tetapi pengertian tembawang adalah Sistem penggunaan lahan (Landuse).

Kemudian pertanyaanya adalah mengapa tembawang penting untuk dilindungi? dan mengapa tembawang dikatakan sebagai bentuk penggunaan lahan yang lestari dan berkelanjutan? dibawah ini adalah beberapa pendapat yang bisa menjadi referensi anda :

Tembawang juga seringkali disebut dengan Agroforest Tembawang

Sejarah Pembentukan Tembawang (Cerita Lahirnya Tembawang)


Dimasa lalu, Masyarakat lokal di Kalimantan barat memiliki kebiasaan berpindah pindah pemukiman, hal ini biasanya disebabkan oleh faktor perpindahan ladang mereka, namun pada jangka waktu yang tidak menentu, akan kembali lagi ke Babas* mereka, oleh karena itu, sistem perladangan masyarakat di Kalimantan Barat sangat tidak tepat apabila dikatakan sebagai sebuah sistem perladangan berpindah, sistem yang dilakukan oleh masyarakat di Kalimantan Barat adalah Sistem Perladangan Gilir Balik.

Pada saat mereka berada di pemukiman tertentu, mereka akan memenuhi Babas* mereka dengan menanami spesies Endemik, seperti ulin, Meranti, Tengkawang dan sebagainya, yang paling banyak ditanam adalah pohon karet, selain itu mereka juga banyak menanam buah buahan seperti Durian, Rambutan hutan, dan lain-lain. Sehingga dalam jangka waktu kurang lebih 5 tahun, masyarakat yang yang tadinya meninggalkan tempat tersebut akan kembali lagi ke lokasi babasnya, saat babas tersebut sudah menjadi hutan lagi, untuk memanen buah-buahan yang sudah mereka tanam dulunya.

Siklus ini di lakukan secara terus menerus, sehingga tidak heran pada saat ini, jika anda masuk kehutan kalimantan, anda akan menemukan pohon buah dimana-mana, karena sebenarnya, dikalimantan barat sangat sedikit hutannya, yang ada adalah bekas ladang masyarakat zaman dulu yang sudah ditinggalkan ribuan tahun lalu, sehingga menjadi hutan kembali, dari sini anda bisa melihat dengan jelas, bahwa dalam membangun tembawang, alam yang ada tetap terjaga, dan tetap lestari dan berkelanjutan.


Secara keseluruhan, Tembawang memiliki 3 nilai seperti dibawah ini :


  1. Nilai Ekonomi
  2. Nilai Ekology
  3. Nilai Sosial Budaya


Untuk lebih lengkapnya, kita akan bahas satu persatu nilai yang ada dalam tembawang seperti dibawah ini :

  • 1. Nilai Ekonomi


Pembangunan tembawang tidak membutuhkan modal dan tenaga yang besar, selain itu, pengolahannya sangat minimal, tidak ada pembersihan gulma dan sebagainya, pembersihan semak hanya dilakukan pada saat akan panen, seperti saat akan mengambil lateks karet.

Tembawang seperti sebuah Market atau pasar alam, semua kebutuhan tersedia disana, baik buah-buahan, Sayuran, bahan baku anyaman, bahan rumah, dan sebagainya.

  • 2. Nilai Ekology


Tembawang sudah terbukti memiliki nilai ekologi yang tinggi, berbagai jenis tumbuhan dalam tembawang menyediakan jasa ekosistem yang dapat anda ketahui seperti dibawah ini :

  • Pemenuhan dasar kehidupan, seperti menyediakan bahan makanan dan menyediakan obat-obatan.
  • Jasa pengatur sistem, karena didalam tembawnag terdapat sumber air.
  • Sebagai pendukung kehidupan misalnya menjaga tingkat kesuburan tanah.


Sistem kanopi yang mirip dengan hutan mengundang banyak satwa endemik datang kedalam tembawang, seperti orang utan dan sebagainya, tanah dengan tingkat kesuburan tinggi membuat pohon tropis sangat mudah hidup didalam tembawang.

Tumbuhan yang berumur puluhan tahun yang ada dalam tembawang berperan aktif dalam menyerap karbondioksida dari udara, sehingga keberadaan tembawang sangat penting bagi pengaturan iklim.


  • 3. Nilai Sosial Budaya


Didalam tembawang, terdapat nilai sejarah, disana juga terdapat tempat keramat, makam leluhur, dan pohon yang dianggap sebagai inik** yang tidak boleh di rusak oleh masyarakat.

selain itu, masyarakat yang ada dalam tembawang akan membuat sebuah hukum yang mengatur tata kelola tembawang, hukum ini biasanya disebut dengan nama hukum adat, baru baru ini, masyarakat ingin membuat sebuah PERDES tentang tembawang, agar memiliki legitimasi hukum.

sistem kempemilikan tembawang yang turun temurun sampai 5 generasi, membuat tembawang memiliki history yang luar biasa.

Glosarium :
Babas* : Areal bekas ladang
Inik*  : Raja yang sakti dan mempengaruhi bencana, bisa mengutuk dan memberi berkat
Tag : artikel, info
3 Komentar untuk "Pengertian Tembawang"

Ternyata tembawang artinya sistem penggunaan lahan tooo... baru mudeng aku

Adab berkomentar : #1 Dont OOT #2 Jangan Nyepam #Bukan Link Hidup Komentar yang dianggap SPAM akan dihapus secara otomatis

Back To Top