The art of publishing

Panduan Tata Cara dan bacaan Shalat Tahajud Lengkap Dengan Keutamaanya

Shalat tahajud adalah shalat sunnah yang paling utama, kedudukan shalat tahajud adalah setelah shalat Fardu, Shalat Tahajud adalah shalat yang dilakukan pada malam hari, dalam bahasa arab, shalat tahajud disebut juga dengan nama Shalatun Lail (Shalat dimalam Malam) atau Qiyamul Lail (Berdiri (Shalat) dimalam hari) . Mengenai waktu pelaksanaan shalat tahajud, para Ulama masih memperbincangkan, sebab ada yang berpendapat bahwa Shalat Tahajud mesti dilakukan setelah tidur terlebih dahulu dan ada juga yang menyatakan bahwa untuk melaksanakan shalat tahajud tidak harus Tidur terlebih dahulu.

Pada artikel kali ini, saya akan membagikan kepada anda mengenai Panduan Shalat Tahajud, Tata Cara Shalat Tahajud, Bacaan Shalat Tahajud dan Keutamaan Shalat Tahajud secara lengkap, dengan harapan bisa membantu anda untuk memperindah amalan Shalat Tahajud anda.

keutamaan shalat tahajud
Keutamaan shalat tahajud

Seutama-utama shalat sesudah shalat fardu ialah shalat sunnat di waktu malam
HR Muslim -

Shalat tahajud adalah shalat yang dilakukan pada malam hari, Para Ulama berpendapat bahwa ada 3 pembagian waktu untuk melaksanakan shalat tahajud ini, seperti dibawah ini :

  1. Sepertiga malam pertama : Selepas shalat isa sampai dengan pukul 22.00
  2. Sepertiga malam kedua : Antara pukul 22.00 sampai dengan pukul 01.00 
  3. Sepertiga malam ketiga atau biasa disebut dengan sepertiga malam terakhir : dari pukul 01.00 sampai masuk waktu shalat subuh.


Tata Cara Salah Tahajud

Hendaklah Engkau gunakan sebagian waktu malam itu untuk Shalat Tahajjud, sebagaimana shalat sunnat untuk dirimu, mudah-mudahan Tuhan akan membangkitkan engkau dengan kedudukan yang terpuji
 QS Al-Isra’ : 75 -

Adapun tata cara shalat tahajud ini seperti shalat yang lainnya juga untuk sistematika atau rukun shalatnya adalah sebagai berikut :

  1. Suci dari hadas kecil dan hadas besar
  2. Berdiri bagi yang mampu
  3. Membaca Niat
  4. Takbiratul Ihram
  5. Membaca Al-Fatihah
  6. Membaca Surat Pendek
  7. Ruku'
  8. I'tidal
  9. Sujud
  10. Duduk di antara dua sujud
  11. Salam
  12. Tertib



Bacaan Niat Shalat Tahajud


Adapun niat untuk shalat tahajud adalah seperti dibawah ini :


Bacaan Niat Shalat Tahajud
Ussolli sunnatat tahajjudi rakataini lillahi ta'aalaa
Artinya : Aku berniat melakukan shalat tahajud sunnah hanya karena Allah Ta'ala

Jumlah Rakaat Sholat Tahajud


Jumlah rakaat rakaat sholat tahajud paling sediki (minimal) adalah dua rakaat, dan paling banyak (maksimal) bisa sebanyak-sebanyaknya sesuai dengan kemampuan. Nabi Junjungan kita yaitu Baginda Muhammad SAW , beliau pernah mengerjakan shalat tahajud sebanyak 10 rakaat dengan tiap dua rakaat satu salam ditambah 1 rakaat solat sunat witir,  pernah juga 8 rakaat ditambah 1 rakaat sunat witir, dan dan pernah juga 8 rakaat ditambah 3 rakaat sunat witir. Jadi dalam melaksanakan shalat tahajud sebaiknya ditambah dengan shalat sunah witir.

Shalat tahajud ini hendaknya dikerjakan dua rakaat satu salam, sementara itu untuk shalat sunat witirnya, jika dikerjakan lebih dari satu rakaat, misalnya 3 rakaat, boleh dikerjakan sekaligus dengan satu salam, boleh pula dikerjakan 2 rakaat dahulu kemudian salam, dilanjutkan 1 rakaat lalu salam

Surah yang dianjurkan dalam shalat tahajud


Adapun surah yang dianjurkan, sebagaimana yang dilakukan oleh Baginda Rosullullahu Sollullahu Wassalam pada rakaat pertama setelah surat Al-Fatihah ialah Surat Al-Baqarah ayat 284-286. Sedangkan pada raka€™at kedua setelah membaca surat Al-Fatihah ialah surat Ali Imron 18-19 dan 26-27. namun kalau surat-surat tersebut belum hafal, maka boleh membaca surat yang lain yang anda dihafal.

Doa Sesudah Shalat Tahajud


Dibawah ini adalah do'a yang dibaca oleh Baginda Muhammad SAW setiap kali beliau selesai melaksanakan shalat tahajud.

Arab

Doa sesudah shalat tahajud


Latin :


ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Artinya : Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya. Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembahkecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau

Manfaat dan Keutamaan Shalat Tahajud


1. Mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat

Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW  :  Barang siapa mengerjakan shalat Tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan : 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.

Adapun lima keutamaan di dunia itu adalah :
  1. Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana.
  2. Tanda ketaatannya akan tampak kelihatan dimukanya.
  3. Akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh semua manusia.
  4. Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah.
  5. Akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.

Sedangkan yang empat keutamaan di akhirat, yaitu :
  1. Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di Hari Pembalasan nanti.
  2. Akan mendapat keringanan ketika di hisab.
  3. Ketika menyeberangi jembatan Shirathal Mustaqim, bisa melakukannya dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar.
  4. Catatan amalnya diberikan ditangan kanan.


Selain itu ada juga beberapa hal lain yang menjadi keutamaan dari shalat tahajud ini antara lain :

2. Doa kita akan di Ijabah Oleh Allah SWT

Dari Jabir radliyallahu’anhu, ia berkata, “aku mendengar Rasulullah sholallahu ‘alaihi wassalam bersabda : Sesungguhnya pada malam hari itu benar-benar ada saat yang seorang muslim dapat menepatinya untuk memohon kepada Allah suatu kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah akan memberikannya (mengabulkannya); dan itu setiap malam”
HR Muslim dan Ahmad -

3. Shalat yang paling utama

Bersabda Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wasaalam, “seutama-utama shalat sesudah shalat fardu ialah shalat sunnat di waktu malam
HR Muslim-

4. Allah menjanjikan surga bagi orang-orang yang melakukan qiyamul lail

Abdullah bin salam mengatakan, bahwa nabi Muhammad sholallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Hai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah di waktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk surga dengan selamat”
HR Tirmidzi-

5. Akan mendapatkan tempat yang terpuji

Allah SWT menjanjikan tempat terpuji bagi mereka yang mau menunaikan shalat ketika orang lain sedang terlelap dalam indahnya mimpi, hal ini sejalan dengan Firman Allah dalam surah AL Isra ayat 79 yang artinya

Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ke tempat yang terpuji (qs. Al Isra: 79)

Nah, itulah panduan tata cara dan bacaan shalat tahajud lengkap dengan keutamaannya yang dapat saya bagikan, semoga artikel ini bisa menambah nilai ibadah kita semua, jika anda merasa bahwa artikel ini bermanfaat, silahkan anda membagikannya kepada teman-teman anda, agar anda juga bisa memperoleh ilmu.

Sampaikanlah walau satu ayat.
Tag : info
0 Komentar untuk "Panduan Tata Cara dan bacaan Shalat Tahajud Lengkap Dengan Keutamaanya"

Adab berkomentar : #1 Dont OOT #2 Jangan Nyepam #Bukan Link Hidup Komentar yang dianggap SPAM akan dihapus secara otomatis

Back To Top