The art of publishing

Menjaga keselamatan anak dan remaja di ranah maya dengan memposting kontent positif

Latar Belakang

Penggunaan internet di Indonesia saat ini seringkali di suguhkan dengan isu yang boleh jadi menjerumuskan anak dan remaja di ranah maya kedalam lorong negatif, dimana banyak artikel yang tidak mendidik dapat ditemui di Internet. Sehingga untuk mewujudkan penggunaan internet sehat jauh panggang daripada api.

Fenomena demikian menurut pendapat saya adalah akibat dari penyedia kontent internet itu sendiri, terutama para blogger yang biasanya kehabisan ide untuk mendapatkan perhatian, hingga pada akhirnya, ingin mencari sebuah perhatian dengan memposting sesuatu yang nyeleneh.

Padahal, internet sehat bisa diwujudkan hanya dengan cara menyediakan kontent positif yang bisa memberikan informasi untuk Menjaga keselamatan anak dan remaja di ranah mayaSalah satunya dengan mengangkat tema tentang isu perubahan iklim, apa itu isu perubahan iklim?

Tentang Perubahan Iklim

Isu perubahan iklim mulai dibicarakan dan mendapat perhatian serius dari berbagai penjuru dunia sejak berlangsung KTT Bumi di Rio De Janeiro, Brasil, 1992. Fakta yang ada mengenai perubahan iklim dapat kita lihat dari naiknya permukaan air laut, yang rata-rata naik setinggi 28-58 cm. Ada berbagai macam dampak perubahan iklim. Antara lain, dapat menyebabkan kepunahan sekitar 20-30% spesies di dunia, terjadi gelombang panas lebih kuat, pola angin baru, kekeringan yang semakin parah, kenaikan temperatur yang semakin tinggi dan risiko bencana yang semakin besar.

Kenaikan temperatur turut mempercepat siklus hidrologi. Atmosfer yang  lebih hangat menyimpan lebih banyak uap air. Kondisi itu membuat siklus air kurang stabil dan menghasilkan lebih banyak presipitasi atau proses pengendapan, baik dari larutan maupun dari udara permukaan ke permukaan bumi, terutama dalam bentuk hujan lebat. Panas yang lebih besar juga turut mempercepat proses evaporasi atau proses perubahan molekul zat cair menjadi gas atau uap air. Dampak dari perubahan siklus air turut menurunkan kualitas dan kuantitas air bersih di dunia.

Perubahan iklim turut mengubah distribusi nyamuk pembawa penyakit malaria dan penyakit menular lainnya. Hal itu berpengaruh terhadap distribusi musiman penyakit alergi. Terutama akibat serbuk sari. Sehingga meningkatkan risiko penyakit pada saat gelombang panas. Yang akhirnya akan bisa menyebabkan kematian dan wabah besar-besaran.

Kondisi tersebut berimbas bagi kehidupan manusia. Terutama bagi kelompok paling rentan dan miskin. Kelompok ini sulit mencegah dan mengatasi dampak perubahan iklim. Hal itu karena kurangnya kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki. Beberapa komunitas yang tergolong dalam kelompok paling rentan adalah, buruh tani, suku-suku asli dan orang-orang yang tinggal di tepi pantai atau pedalaman. Terutama yang menggantungkan hidup pada hasil alam. Karenanya, penting bagi publik untuk memahami dan mengerti, apa itu perubahan iklim dan dampak yang ditimbulkan bagi kehidupan mereka. 
Internet Sehat
Dukungan untuk kampanye Internet Sehat

Peran Blogger Pada Isu Perubahan Iklim

Peran Blogger sebagai penyalur informasi, penting untuk memberikan informasi tersebut. Sehingga lebih banyak orang mengetahui dan memahami perubahan iklim. Namun, sayangnya isu perubahan iklim belum sepenuhnya jadi magnet dan daya tarik Blogger, arus utama atau media mainstream. Para Blogger kurang tertarik memberitakan isu perubahan iklim.

Menjadi seorang Blogger adalah pilihan yang mulia, disana kita bisa bebas memilih, ingin menggunakan internet sehat atau ingin menyebarkan sampah di Internet. Saat ini bukan rahasia lagi, para Blogger adalah ujung tombak dalam meningkatkan promosi perusahaan-perusahaan besar secara online. Seringkali kita mendapat kabar, saat ada peluncuran salah satu produk baru / brand, pihak yang tidak pernah absen untuk diudang adalah komunitas Blogger. Sebab para pengusaha pemilik perusahaan tersebut sangat menyadari, para Blogger akan menyalurkan informasi tentang produk dan jasanya, yang akhirnya akan meningkatkan branding dari produk dan jasa yang perusahaan tersebut sediakan.

Pendapat diatas membuktikan betapa pentingnya peran blogger dalam menyalurkan sebuah informasi, dan peluang Blogger untuk menyampaikan informasi terkait dampak perubahan Iklim ini juga sangat besar.

Dari tulisan-tulisan tentang perubahan iklim tyang di-posting ke blog, akan muncul tahap seleksi di berbagai mesin-mesin pencari (search engine). Mesin  pencari tersebut akan memilah tulisan, dan membuat situs / produk / jasa yang paling banyak disebut dari tulisan-tulisan yang ada untuk naik keatas.

Kesimpulan

Melihat maraknya pengguna internet di Indonesia, dan para blogger dari daerah mulai bermunculan yang semakin lama juga pasti akan semakin menjamur, alangkah eloknya apabila para blogger ini juga bisa menulis tentang perubahan iklim, hal ini merupakan salah satu bentuk penggunaan internet dengan sehat, tidak melulu pengunjung blog kita disuguhkan dengan postingan yang berbau hujatan kepada suatu kelompok.

Pada dasarnya, setiap orang termasuk blogger, diberikan kebebasan untuk bersuara mengenai apa saja yang ingin disampaikan, namun ada baiknya apabila kita dapat menyediakan kontent yang positif dan bermanfaat bagi semua orang

Keuntungan

Dengan menyebarkan informasi terkait perubahan iklim, ada beberapa keuntungan yang kita dapatkan, antar lain seperti dibawah ini :
  1. Blogger telah berpartisipasi dalam mewujudkan Internet Sehat
  2. Menjaga keselamatan anak dan remaja di ranah maya dengan kontent positif
  3. Ikut serta menyelamatkan dunia dari dampak perubahan iklim

Tag : Opini
16 Komentar untuk "Menjaga keselamatan anak dan remaja di ranah maya dengan memposting kontent positif"

Mau nambahin dikit bro, soal keuntunga memposting artikel dengan tema perubahan iklim ini kita bisa berbagi pengetahuan dengan masyarakat

Setuju, jangan menyebarkan kontent yang tidak baik

setuju aku bro dengan kesimpulanya

Terima kasih masukkan dan tambahannya kang

benar sekali bang purnomo, harus benar-benar positif menggunakan media sosial

Seperti inilah kontent positif tersebut. Good Job Bg io

Mantappp... Lanjutkan memposting kontent positif, agar tidak meracuni otak pembaca

Lanjutkan karyanya nya bos, saya suka blog nya, dan tema nya juga saya suka, blog seperti ini yang seharusnya dikembangkan

Terima kasih atas supportnya kawan, mari sama sama berkarya

Adab berkomentar : #1 Dont OOT #2 Jangan Nyepam #Bukan Link Hidup Komentar yang dianggap SPAM akan dihapus secara otomatis

Back To Top