The art of publishing

Apa yang salah dengan Jalan Trans Kalimantan

Mengerikan, siapapun yang pernah mendengar nama Jalan Trans Kalimantan ini pasti sedikit banyak juga sudah mengetahui rentetan peristiwa berdarah di Jalan ini. Jalan Trans Kalimantan yang saya maksud adalah jalan Trans Kalimantan yang menghubungkan Pontianak dan Tayan. Tepatnya Jalan Trans Kalimantan yang masuk kedalam wilayah Kabupaten Kubu Raya.

Terhitung sampai tahun 2014, sudah mencapai 1.034 nyawa melayang, menurut data yang dipegang oleh Dit Lantas Polda Kalbar. Korban kecelakaan yang meninggal dunia pada 2013 sebanyak 560 jiwa. Sedangkan 2014 (Januari-Oktober) sebanyak 474 jiwa. (Sumber : Rakyat Kalbar Online).

Apa yang salah dengan Jalan Trans Kalimantan
Mulusnya jalan terkadang membuat pengendara tidak hati-hati dalam berkendara


Peristiwa demi peristiwa yang terjadi ini tentu saja membuat resah kita sebagai pengguna jalan Trans Kalimantan ini. Mendengar banyaknya peristiwa yang terjadi disana, terkadang membuat bulu kuduk merinding, Tanggal 8 kemarin saya baru saja melewati jalan ini, ehh 2 hari kemudian terdengar kabar ada peristiwa tabrakan antar bis. ngeri membayangkannya.

jalan ini juga merupakan jalan utama yang sering digunakan oleh para Mahasiswa yang berasal dari wilayah timur kota BUmi Khatulistiwa (Pontianak) yang sedang kuliah di Pontianak, seperti di Universitas Tanjungpura (Untan) dan sebagainya.

Beruntung kota kita ini jauh dari gosip, saya curiga suatu saat malah ada berita bahwa di Jalan Trans Kalimantan ada Hantunya... Haha

Apa yang salah dengan jalan Trans Kalimantan ini sebenarnya? melihat hebatnya rentetan tragedi berdarah di jalan ini, tiada lain, adalah murni kesalahan manusia, walau ada penyebab lain berupa kurangnya rambu lalu lintas, namun yang paling utama adalah kesalahan manusia (Human Error) yang kesadaran akan tatib (Tata Tertib) dijalan raya masih sangat minim.


Tabrakan antara truk vs motor
Salah satu peristiwa Kecelakaan di Jalan Trans Kalimantan


Jika ditotalkan korban meninggal dunia tahun 2014 dan 2013, maka jumlahnya sebanyak 1.034 orang. Jumlah kecelakaan pada 2013 sebanyak 1.701 kasus, sedangkan 2014 sebanyak 1.282 kasus Kerugian material atas kecelakaan pada tahun 2013 Rp6 miliar dan 2014 hingga Oktober Rp4 miliar. Jangan heran apabila kalian melihat mobil yang terbaring ditepi jalan saat kalian melewati jalan ini.

Saya hanya bisa berpesan kepada para pengemudi untuk juga memperhatikan keselamatan, apalagi para sopir angkutan umum, harus mennyadari bahwa nyawa penumpang adalah tanggung jawab anda sepenuhnya, kecelakaan yang seringkali terjadi pada Bus dan Taxi ini, kemudian akan memperburuk citra angkutan umum itu sendiri. yang akhirnya akan membuat trauma dan ketidakpercayaan masyarakat pada angkutan umum.

Harapan kita tentunya adalah, semoga peristiwa tersebut berhenti sampai disini, kedepan semoga tidak ada lagi nyawa yang melayang disini. Amin
Tag : Opini
2 Komentar untuk "Apa yang salah dengan Jalan Trans Kalimantan"

Jalan dibuat bagus salah, dibiarkan jelek makin salah. Memang semuanya kembali ke pribadi masing-masing para pengguna jalan Bro. Tetap jaga keselamatan selama di jalan raya ya, ingat lebih baik kehilangan 1 menit dalam hidup daripada kehilangan hidup dalam 1 menit. Waspadalah...waspadalah... :-)

Setuju bang, bagusnya jalan adalah untuk memudahkan akses, sehingga tercipta kenyamanan dalam berkendara, dan hal tersebut jangan disalah-artikan. yang akhirnya menjadikan fasilitas yang ada ini menjadi mesin pembunuh. Waspadalah

Adab berkomentar : #1 Dont OOT #2 Jangan Nyepam #Bukan Link Hidup Komentar yang dianggap SPAM akan dihapus secara otomatis

Back To Top