The art of publishing

Tembawang


Tembawang adalah sebuah areal kelola masyarakat yang lestari dan berkelanjutan, tembawang digunakan sebagai penyamaan istilah, sebab di kalangan masyarakat dayak di Kalimantan Barat benyak variasi atau istilah lokal dari tembawang ini

Sebagai contoh masyarakat desa Balai Agas, menyebut tembawang dengan nama Kelokak Temawank. Apa yang istimewa dalam tembawang ini? ternyata tembawang itu ibarat sebuah kota, didalamnya ada manusia, insfratruktur dan lain sebagainya. Nah kalau di dalam tembawang juga ada manusia, ada tempat keramat, ada sayur mayur, ada buah buahan, ada sumber mata air. Intinya, masyarakat tidak perlu bersusah payah, sebab semua kegiatan bisa dilakukan didalam tembawang.

Ya.... benar, semuanya ada di tembawang!!! lain dulu lain sekarang, saat ini tembawang yang ada sudah tidak se-lestari dulu. Apa sebabnya? semua ini akibat dari kegiatan manusia yang teramat serakah.

Jika dulu mau masak ikan tinggal mancing ke sungai di Areal tembawang, saat ini mancing kemana? Ikan-ikan di sungai habis sudah dituba oleh oknum tidak bertanggung jawab. Dulu, mau makan buah tinggal pergi ke tembawang, sekarang sudah tidak bisa lagi, akibat pohon-pohon buah yang ada sudah berganti dengan pohon sawit.

Lalu apa solusi nya? Banyak.... Banyak yang bisa dilakukan. Oleh Siapa? Siapa saja.... Siapa saja bisa melakukan banyak hal untuk menyelamatkan tembawang, seperti contoh, kamu adalah masyarakat, ya kamu menanam lagi pohon di areal tembawang, yang suka meracun ikan ya berhentilah meracun ikan, jika kamu dewan adat kamu bisa menyelamatkan tembawang dnegan membuat sebuah aturan hukum adat untuk perlindungan dan pengakuan tembawang, jika kalian adalah pejabat ya kalian bisa menyelamatkan tembawang dengan cara membuat sebuah Peraturan daerah.

Intinya, siapapun bisa menyelamakan tembawang.
Tag : Opini
0 Komentar untuk "Tembawang"

Adab berkomentar : #1 Dont OOT #2 Jangan Nyepam #Bukan Link Hidup Komentar yang dianggap SPAM akan dihapus secara otomatis

Back To Top