The art of publishing

Petani hanya status di KTP

Dulu, Beberapa tahun yang lalu, saat Profesiku sebagai guru di sebuah SD, ada sebuah tugas yang membuatku tergiang sampai saat ini. Saat itu, aku diberikan tugas sebagai penerima murid baru sekaligus menginput entry data Dapodik, disana aku harus mengisi data tentang pekerjaan orang tua murid, dan data ini harus sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Jadi aku harus mengecek dan memastikan semua data tersebut, agar lebih akurat, aku sarankan kepada murid muridku untuk menyerahkan fotocofy KTP orang tua mereka, apa yang terjadi? saat mereka mengumpulkan semua KTP orang tua mereka, disana status pekerjaan semuanya Petani, ya.... serius, semuanya Petani. Hanya 3 Orang yang bukan petani, itupun karena dia guru.

Padahal banyak sekali yang wirausaha, pedagang, buruh pabrik dan sebagainya, tapi mengapa di KTO tertera petani sebagai status pekerjaan? Lalu apa masasalahnya? mungkin anda akan bertanya apa masalahnya sampai saya mempersoalkan status petani ini.

Ya... Nggak masalah juga sih, cuman nih ya... Sangat disayangkan bahwa semua orang status di KTP adalah petani, sementara yang 'benar benar petani' sangat sedikit. mengapa bisa demikian? Petani bukanlah pekerjaan menarik bagi banyak orang, walaupun kita semua tahu betapa mulianya petani bagi keberlangsungan hidup masyarakat Indonesia, coba jawab! Siapa yang tidak makan nasi Hari ini? tidak ada kan? dan siapa yang menanam padi kemudian menjadi beras dan akhirnya berada di magicom anda? petani kan!?. Ahk, Petani ternyata hanya menjadi sebuah profesi fiktif di KTP.

Kalau dulu mungkin menjadi seorang petani adalah cita-cita yang luhur, bahkan di Zaman Soeharto ada sebuah siaran yang dinamai Klompencapir, Para petani petani didaerah dipertemukan dalam acara ini, mereka beradu pintar soal pupuk dan sebagainya.

Lain dulu lain sekarang, sekarang mungkin banyak orang ingin menjadi Gayatri, Huft, Siapa Gayatri? Gayatri adalah tokoh muda yang pada Usia 16 tahun teah menguasai 14 Bahasa.


Semoga para petani tetap semangat ya, terima kasih juga buat para petani indonesia.
Tag : Opini
0 Komentar untuk "Petani hanya status di KTP"

Adab berkomentar : #1 Dont OOT #2 Jangan Nyepam #Bukan Link Hidup Komentar yang dianggap SPAM akan dihapus secara otomatis

Back To Top