The art of publishing

Tembawang

Produk Hasil Olahan Tradisional
Tembawang menurut pemahaman umum, merupakan sebuah sistem kompleks dalam pengelolaan hutan dan lahan bagi mayoritas suku Dayak di Kalimantan Barat. Sistem yang sudah lama dikenal ini merupakan kombinasi pemukiman, kebun, dan hutan. secara umum, didalam Tembawang terdapat pembagian areal pengelolaan meliputi pemukiman, hutan alam, hutan sekunder, kebun karet, ladang, kebun buah-buahan, dan lain sebagainya. Tembawang juga merupakan salah satu sumber penghidupan bagi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pangan, konstruksi dan pemukiman, serta sumber obat-obatan tradisional.

Sebagai salah satu sumber penghidupan, tembawang memiliki sumber daya alam yang luar biasa. Mulai dari hasil kayu seperti bengkirai, meranti, bambu dll yang berguna bagi keperluan konstruksi dan kerajinan tangan, berbagai jenis tanaman pangan, serta tanaman buah-buahan musiman seperti durian, tengkawang, dan lain sebagainya yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Namun, lemahnya pemahaman masyarakat tentang pengelolaan tembawang menjadi salah satu faktor yang berimplikasi pada tidak maksimalnya pengolahan hasil produksi tembawang. Disisi lain, tidak adanya keterampilan dalam pengolahan lanjutan hasil alam tembawang memicu masyarakat memanfaatkan hasil tembawang secara tradisional sebagaimana yang telah dipahami secara turun-temurun.

Berdasarkan paparan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa didalam pengelolaannya, tembawang telah dikelola secara lestari dan berkelanjutan oleh masyarakat. Tidak dapat dipungkiri bahwa praktek pengelolaan tembawang telah memberikan kontribusi yang luar biasa tidak hanya dalam menjaga kelestarian hutan, namun juga bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Selanjutnya, dalam rangka meningkatkan produktifitas pengelolaan tembawang maka perlu adanya peningkatan pengetahuan dan kapasitas masyarakat sehingga dapat menjadi model dalam pengelolaan hutan dan lahan yang baik. 
Tag : artikel
0 Komentar untuk "Tembawang"

Adab berkomentar : #1 Dont OOT #2 Jangan Nyepam #Bukan Link Hidup Komentar yang dianggap SPAM akan dihapus secara otomatis

Back To Top