The art of publishing

Motivasi Menulis

Selamat sore kawan, saya tidak tahu apakah di tempatmu berada saat kau membaca artikel ini sedang malam, pagi atau siang. Dan saya tidak akan peduli, yang jelas pada saat saya menulis, disini sedang malam, Jam setengah 9 malam.

Tema saya kali ini adalah tentang motivasi menulis, untuk sharing pendapat saja. itung-itung menambah pahala. Mengingat banyak sekali ide penduduk Negeri ini yang hanya sampai di kepala dan hatinya saja. Tidak di salurkan kepada orang lain.

A. Apa itu motivasi menulis?
   Motivasi menulis adalah alasan yang mendasari seseorang untuk menulis, seseorang dikatakan memiliki motivasi menulis yang tinggi apabila dia memiliki alasan yang kuat untuk menulis dengan intensitas yang mantap dan secara berkelanjutan.

B. Seperti apa bentuk motivasi menulis?
   Bentuk dari motivasi menulis ini ada dua jenis, ada Motivasi internal dan ada Motivasi eksternal
  • Motivasi menulis internal ini banyak jenisnya. ada yang temporer dan ada yang permanen, yang dimaksud dengan temporer adalah motivasi yang datangnya kadang-kadang, jika sedang semangat mau menulis dia akan menulis. tapi jika sedang malas dia tidak akan menulis. Sedangkan motivasi menulis permanen adalah motivasi yang berkelanjutan secara sendirinya, tidak ada hentinya, orang yang seperti ini menganggap bahwa menulis adalah hidupnya. Tiada hari tanpa menulis
  • motivasi menulis eskternal adalah motivasi yang karena adanya iming-iming dari orang lain, seperti hadiah dan lain sebagainya.
C. Bagaimana memmbangun motivasi menulis
   Motivasi menulis sebenarnya sifat bawaan. Tidak bisa dipaksakan. karena ini berkaitan dengan kemauan dan hati nurani masing masing individu. Namun ada setikit triks dari saya untuk mengatasi masalah anda, para sahabat blogger untuk mengatasi sifat malas menulis. mungkin untuk awal-awal anda harus belajar untuk memaksakan diri. 

 Kemudian anda juga harus mencari motivasi ataupun dorongan sendiri, misalnya mengikuti kontes, apalagi sekarang sudah banyak sekali kontes-kontes menulis dengan hadiah yang lumayan membuat kita termotivasi untuk menulis, itung-itung, iseng berhadiah gitu.. hehe. menulis apa aja yang ada di dalam otak kalian, itu akan menjadi kebiasaan, setelah terbiasa, maka tidak ada satu haripun yang anda lewatkan tanpa menulis.
  
  Nah, kawan, ayo. Mulailah dari sekarang. Dan jangan biasakan budaya plagiatisme dalam diri anda, semangat, budayakan menulis mulai dari sekarang.

salam blogger!

Tag : artikel
6 Komentar untuk "Motivasi Menulis"

Aku menulis agar jejak langkahku di bumi ini ada bekasnya..
Hehee..

motivasi terbaik dari diri sendiri. kalo aku anggap catatan di blog dan buku sebagai ilmu yang wajib ditulis.

mantap... berarti ide anda tidak berhenti di anda, bahkan anak cucu anda juga bisa meikmatinya, selamat berkarya

betul sekali kawan, namun apabila dalam diri ini kurang keinginan atau motivasi yang dari dalam kurang, maka alternatif untuk mencari dorongan dari luar itu juga baik...
selamat berkarya kawan.

Adab berkomentar : #1 Dont OOT #2 Jangan Nyepam #Bukan Link Hidup Komentar yang dianggap SPAM akan dihapus secara otomatis

Back To Top