The art of publishing

marhaban yaa ramadhan

Tak terasa, ramadhan tinggal beberapa hari lagi…
Sudah siapkah kita menyambut kehadirannya ?
Seperti halnya menyambut sebuah tamu yag agung, dalam menyambut ramadhan pun ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan agar dapat memberikan jamuan terbaik untukNya :
1. Persiapan Ilmu
“… akan tetapi (dia) berkata, ‘Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani (yang sempurna ilmu
dan taqwanya kepada Allah), karena kamu selalu mengajarkan al-Kitab dan disebabkan kamu telah
mempelajarinya.” (Ali ‘Imran: 79).
Mempersiapkan ilmu adalah keniscayaan, agar ibadah yang kita lakukan sesuai dengan kaidah dan petunjuk yakni al-qur’an dan sunnah nabi muhammad saw.
Imam Hasan al-Bashri memperingatkan orang yang tekun beribadah dan beramal, tetapi tidak membentenginya dengan ilmu pengetahuan dan pemahaman. Dia mengucapkan perkataan yang sangat dalam artinya, “Orang yang beramal tetapi tidak disertai dengan ilmu pengetahuan tentang itu, bagaikan orang yang melangkahkan kaki tetapi tidak meniti jalan yang benar. Orang yang melakukan sesuatu tetapi tidak memiliki pengetahuan tentang sesuatu itu, maka dia akan membuat kerusakan yang lebih banyak daripada perbaikan yang dilakukan. Karena ada sebagian kaum Muslimin yang melakukan ibadah, tetapi mereka meninggalkan ilmu pengetahuan, sehingga mereka keluar dengan
pedang mereka untuk membunuh umat Muhammad saw. Kalau mereka mau mencari ilmu pengetahuan, niscaya mereka tidak akan melakukan seperti apa yang mereka lakukan itu.
Dan apabila kita asal mengikuti ibadah yang turun temurun tanpa ilmu, berhati-hatilah karna bisa jadi terjerumus kepada bid’ah..
“… dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.” (al-A’raf: 33)
Persiapan ilmu meliputi mengkaji keutamaan ramadhan, fiqih puasa, hal-hal yang dapat dilakukan ketika menyambut ramadhan dll.
2. Persiapan Mental
Persiapan mental dengan berdoa agar disampaikan kepada bulan ramadhan :
ALLOHUMMA BAARIKLANAA FIIROJABA WASYA’BAANA WABALLIGHNAA RAMADHAN
Ya Alloh, Berkahilah kami di bulan Rojab dan Sya’ban Dan temukanlah kami dengan bulan Ramadhan
3. Persiapan Amal
Warming uP, agar ramadhan merupakan pintu gerbang untuk percepatan amal yakni berlomba-lomba dalam kebaikan dimulai dari bulan rajab hingga sya’ban. merutinkan kembali membaca al-qur’an, berpuasa senin kamis, puasa pertengahan bulan qomariah tanggal 13, 14 dan 15 dll.
4. Persiapan Ma’liyah
Berusaha utuk menghasilkan rezeki yang halal dan menyisihkan sejumlah rezeki yang allah berikan kepada kita.
Bagaimanakah menghidupkan indahnya ramadhan di rumah kita ?
Terdapat berbagai kegiatan yang dapat kita lakukan bersama dengan keluarga  kita yakni :
a. Mengajak anggota keluarga untuk banyak berpuasa di bulan sya’ban
Dari Aisyah ra. Berkata, “Tidak pernah Rasulullah saw berpuasa dalam satu  bulan yang lebih banyak dari puasanya dalam bulan Sya’ban adakalanya  sebulan penuh, dan adakalanya hampir penuh hanya sedikit yang tidak    puasa.” (HR. Bukhari & Muslim)
b. Tingkatkan frekuensi membaca al-qur’an, meningkatkan baik kualitas         maupun kuantitasnya
c. Ajak anggota keluarga untuk membaca buku-buku tentang ramadhan
d. Meriahkan suasana rumah untuk sambut ramadhan
e. Tunjukkan kecintaan dan kasih sayang serta kedekatan dengan anggota keluarga.                                                                                                                           Hilangkan kesalahpahaman agar menjalankan ramadhan dengan hati yang ringan dan lapang :)
f. Silaturrahim ke ortu (buat yang jauh dengan ortu), mertua (buat yang sudah nikah) dan saudara2 kita
g. Optimalkan doa
Tag : artikel
0 Komentar untuk "marhaban yaa ramadhan"

Adab berkomentar : #1 Dont OOT #2 Jangan Nyepam #Bukan Link Hidup Komentar yang dianggap SPAM akan dihapus secara otomatis

Back To Top