The art of publishing

stop cyberbully. tebarkan semangat damai didunia maya


Sungguh alangkah Indahnya, jika cinta menghiasi kehidupan kita sehari-hari, tanpa adanya rasa benci dan rasa tersakiti maka hidup ini akan terasa menjadi berarti. Jikalau kita pergi senantiasa ada yang merindukan, di saat kita jauh ada orang yang mendo’akan, saat sedih menjumpai kita ada yang membuat kita tersenyum dan saat kita bertemu ada senyum yang indah menghampiri kita. Tapi jika cinta sudah di usik maka kehadirannya pun sulit untuk kita temukan kembali, luka akibat goresan hinaan yang dalam menusuk hati mungkin tak surut dapat kita tutup kembali. Maka jauhkanlah rasa dengki, benci terhadap orang yang melukai kita dan tebarkanlah cinta kepada keluarga kita, saudara-saudara kita, kerabat, tetangga dalam berteman, bersahabat, berbisnis, berdagang, agar cinta dapat senantiasa mengisi lembaran-lembaran kehidupan kita di manapun dan kapanpun. Rasa cinta kepada seseorang dapat kita awali dengan menghilangkan rasa sensitivitas kita terhadap orang-orang yang menghampiri kita. Berpikirlah lebih positive dan hilangkanlah rasa negatif kita terhadap seseorang, Agar tidak ada kesalahpahaman dalam berkomunikasi dalam kehidupan kita.
Dalam dunia informatika, komunikasi yang baik tentu akan sangat kita perlukan untuk mendapatkan serta menyampaikan informasi yang berkembang di dunia teknologi ini. seperti halnya orang berdagang, yaitu ada pedagang yang ikhlas menjajakan dagangannya tanpa rasa ingin menyaingi pedagang yang lainnya dan jika dagangannya tak laku ia tak berkecil hati dan senantiasa menghaturkan kejujuran setiap jual-beli kepada pelanggannya. Lain halnya dengan pedagang yang tidak jujur, ia akan selalu menjelekkan pedagang yang lain agar dapat meraup keuntungan sedikit lebih banyak, menghina dan merendahkan pedagan lain jika itu dapaat mengancam pendapatannya. Begitu halnya juga dalam berkomunikasi di dunia maya atau internet, fasilitas yang merupakan hasil perkembangan teknologi ini dapat memberikan efek positif dan negatif kepada para penggunanya, walaupun sang pengguna hanya dapat berkomunikasi secara verbal terhadap rekannya di dunia maya, akan tetapi celah untuk menghina, menggunjing, melecehkan sampai memberi ancaman tak surut untuk digunakan untuk menyerang rekna-rekannya di dunia maya. Jika tidak di landasi dengan rasa cinta dalam berkomunikasi di dunia maya ini maka akan terasa hambar dan pahit, maka kebencian pun pasti akan menghampiri perasaan seperti ini.
Semakin pesatnya perkembangan Teknologi Informasi ini, kasus penghinaan maupun ancaman semakin meningkat yang disebabkan kurangnya pemahaman tentang penggunaan Fasilitas media komunikasi yang Aman dan Sehat. Siapakah yang bertanggung jawab dalam hal ini? dalam hal ini pasti tanggung jawab ada di tangan kita bersama. Salah satu tingkah laku penghinaan di media komunikasi ini atau biasa disebut Cyberbullying kerap terjadi di dunia maya. Cyberbullying sendiri merupakan perbuatan di mana pelaku bertindak di luar batas kepada orang lain dengan cara mengirim atau memposting materi yang dapat merusak citra seseorang, mencemarkan nama baik, menghina atau melakukan serangan sosial dalam berbagai bentuk, dengan memanfaatkan internet atau teknologi digital lainnya sebagai medianya. Medianya bisa berupa Short Message Sending (SMS), elektronik mailing (e-mail), status di facebook, twitter, chatroom dan lain sebagainya, baik yang melalui komputer ataupun ponsel. Ancaman seperti ini akan makin terus berkembang jika korban atau calon korban tidak pernah tahu bagaimana tindakan tepat yang harus dilakukan untuk menyikapinya.
Salah satu kasus Cyberbullying di antaranya adalah dengan mengirimkan kalimat hinaan yang diposting melalui media komunikasi seperti memposting kata-kata yang tidak pantas di facebook dan twitter pada media internet. Hal ini pernah terjadi beberapa pekan yang lalu hingga di ekspos ke media massa nasional di Indonesia yaitu ada seseorang yang menggunakan kata-kata tidak senonoh di media jejaring sosial twitter terhadap salah satu pejabat pemerintah daerah di Indonesia. Hal ini merupakan salah satu bentuk cyberbullying yang patut kita sayangkan. Efek dari Cyberbullying ini dapat dikategorikan sebagai kekerasan verbal, yaitu dimana pelaku tidak secara langsung melakukan kekerasan, melainkan melakukannya dalam bentuk penghinaan, pelecehan, merendahkan sampai memberi ancaman-ancaman kepada seseorang yang tidak ia sukai. Hal ini pasti akan memberikan dampak psikologis yang buruk jika korban tidak siap untuk menerima akan hinaan dan cacian yang dilemparkan terhadap dirinya.
Memang terkadang, kita secara tidak sengaja melakukan cyberbullying. Misalnya, mengupload foto teman dengan maksud untuk lucu-lucuan, terkadang tanpa kita sadari hal itu menyinggung dan menyakiti hatinya. Untuk menghindari tindakan ini, sebaiknya kita menjaga perilaku, menghargai, menghormati dan mencintai setiap orang. Karena jika kita hormati dan cintai seseorang, maka orang tersebut akan menghormati dan mencintai kita kembali. Tetapi sebaliknya jika ada orang yang tidak mau menghormati dan mencintai kita, sebaiknya kita introspeksi diri dahulu sebelum menyalahkan orang lain. Apakah kita sudah menghormati dan mencintai orang lain atau belum. Semoga kita tidak menjadi orang yang egois, yaitu menganggap diri kita tidak pernah salah, lalu menyalahkan orang lain atas apa yang terjadi pada diri kita. Hidup di dunia ini pasti ada aturannya, asalkan kita mengikuti aturan yang ada dan saling mencintai pasti hidup akan terasa lebih damai.
Faktor-faktor yang mendorong seseorang melakukan Cyberbullying
Faktor-faktor yang menyebabkan seseorang melakukan aksi cyberbullying ini di antaranya adalah:
1. Untuk Mencari perhatian
2. Ingin menunjukkan eksistensi diri
3. Karena mereka pernah menjadi korban bullying
4. Ingin diakui
5. Pengaruh tayangan TV yang negatif
6. Ingin mendapatkan kepuasan
7. Merasa dirinya tidak mampu
8. Balas dendam
9. Iseng
10. Sering mendapat perlakuan kasar dari pihak lain
11. Ingin terkenal
12. Ikut-ikutan.
Tips dan solusi menghadapi Cyberbullying
Sebelum diri kita menjadi korban dari cyberbully ini, hendaknya kita mempersiapkan diri kita dengan mencermati dan melakukan beberapa tips untuk mencegah dan menghentikan cyberbullying, diantaranya adalah:
1. Jangan merespon.
Para pelaku bullying selalu menunggu-nunggu reaksi korban. Untuk itu, jangan terpancing untuk merespon aksi pelaku agar mereka tidak lantas merasa diperhatikan.
2. Jangan membalas aksi pelaku.
Membalas apa yang dilakukan pelaku cyberbullying akan membuat Anda ikut menjadi pelaku dan makin menyuburkan aksi tak menyenangkan ini.
3. Adukan pada orang yang dipercaya.
Jika anak-anak yang menjadi korban, mereka harus melapor pada orang tua, guru, atau tenaga konseling di sekolah. Selain mengamankan korban, tindakan ini akan membantu memperbaiki sikap mental pelaku.
4. Simpan semua bukti.
Oleh karena aksi ini berlangsung di media digital, korban akan lebih mudah meng-capture, lalu menyimpan pesan, gambar atau materi pengganggu lainnya yang dikirim pelaku, untuk kemudian menjadikannya sebagai barang bukti saat melapor ke pihak-pihak yang bisa membantu.
5. Segera blokir aksi pelaku.
Jika materi-materi pengganggu muncul dalam bentuk pesan instan, teks, atau komentar profil, gunakan tool preferences/privasi untuk memblok pelaku. Jika terjadi saat chatting, segera tinggalkan chatroom.
6. Selalu berperilaku sopan di dunia maya.
Perilaku buruk yang dilakukan, seperti membicarakan orang lain, bergosip, atau memfitnah, akan meningkatkan risiko seseorang menjadi korban cyberbullying.
7. Jadilah teman, jangan hanya diam.
Ikut meneruskan pesan fitnah atau hanya diam dan tidak berbuat apa-apa akan menyuburkan aksi bullying dan menyakiti perasaan korban. Suruh pelaku menghentikan aksinya, atau jika pelaku tidak diketahui bantu korban menenangkan diri dan laporkan kasus tersebut ke pihak berwenang.
Tips untuk mengindari perbuatan cyberbully
Agar kita terhindar dalam melakukan tindakan menghina, dan merendahkan seseorang di dunia maya. Berikut adalah tips-tips agar kita tidak menjadi pelaku cyberbully:
1. Bangun citra digital positif.
Istilah lain, miliki reputasi digital. berlaku santun dan beretika ketika berinternet. karena internet adalah ruang publik dimana siapapun bisa mengaksesnya. meskipun dapat saja kita melakukan pengaturan, toh tak ada jaminan orang-orang yang dapat melihat profil kita tidak menyebarkan kembali kepada orang lain. untuk itu, informasikan data pribadi, foto dan video secukupnya baik itu kepada kawan, rekan kerja dan lain-lain. singkatnya, kita harus mampu mengendalikan profil digital kita sehingga dapat menampilkan diri sebaik-baiknya saat online.
2. Jaga sebaik-baiknya informasi pribadi.
Apapun yang terpampang di internet dan itu merupakan milik pribadi harus dijaga dan dilindungi. di dunia internet kita dapat terhubung kepada siapun baik yang dikenal maupun tidak. selain informasi, percakapan internet pun harus hati-hati. hindari percakapan yang menjurus pada pembeberan rahasia pribadi. lindungi dengan kata sandi (password) dan jaga baik-baik sandi itu.
3. Bersikaplah baik dalam berinternet.
Pepatah mengatakan siapa yang berbuat baik akan menuai kebaikan. demikian juga di dunia internet. bicara dengan hormat dan saling menghormati. perlakukan orang lain dengan baik seperti halnya yang kamu harapkan dari orang lain. jika seseorang bersikap tidak hormat atau melecehkan kamu, berusahalah mengabaikan mereka. kalau perlu blokir saja orang yang melalukan perbuatan yang cenderung melecehkan.
4. Berbagi bersama orang-orang terdekat.
Jika ada tanda-tanda pelecehan cyber, diskusikan dengan kawan dan keluarga. dengan berbincang dan berdiskusi, kita mendapatkan dukungan. selain itu mungkin saja akan mendapatkan saran dan solusi.
Ada kata-kata mutiara yang dikemas dalam retorika islami yang isinya adalah:
لاَ تَحْتَقِرْ مَنْ دُوْنَكَ فَلِكُلِ شَيْءٍ مَزِيَّةٌ
Laa tahtaqir man duunaka falikulli syai’in maziyyatun
Yang artinya Adalah, Janganlah kita menghina seseorang karena setiap orang itu pasti ada kelebihannya. Dari kalimat berikut menjelaskan bahwa kita sebagai manusia justru tidak sempurna tapi dengan ketidaksempurnaan itu janganlah dijadikan ajang untuk menghina orang lain karena setiap orang yang memiliki kekurangan pasti mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain.
Dalam berkomunikasi di dunia maya ini jangan sampai dijadikan sebagai ajang untuk mencari permusuhan dan persaingan, tetapi kita bisa lebih memanfaatkan komunikasi jaringan internet ini sebagai ajang untuk mencari persahabatan yang saling mencintai satu sama lain. Hindarilah seruan-seruan untuk melakukan tindakan-tindakan yang menuju kepada kedengkian yang mengundang air mata dan kebencian. Tetapi serukanlah cinta dalam berkomunikasi di dunia maya, karena cinta seperti mutiara dilautan yang selalu bersinar memancarkan cahayanya yang berkilauan di antara gersangnya air laut. Jika cinta sudah merasuki jiwa-jiwa pengguna internet yang suka berselancar di dunia maya maka para pengguna lainnya akan berusaha untuk menutupi kekurangan satu sama lain dan akhirnya rasa berbagi suka bersama dan berbagi kesedihan bersama akan terjalin di dunia maya ini. karena cinta itu Sesuatu yang murni, putih, tulus dan suci yang timbul tanpa adanya paksaan atau adanya sesuatu yang dibuat-buat, Pribadi cinta itu dapat membuat orang itu dapat termotivasi untuk melakukan perubahan yang lebih baik daripada sebelum ia mengenal cinta itu. Karena cinta itu sesuatu yang suci maka janganlah kita menodai cinta yang suci itu dengan ke-egoisan kita dengan melakukan tindakan-tindakan yang dapat menyakiti, dan merugikan orang lain. Semoga dengan menebarkan cinta di dunia maya ini, tindakan-tindakan yang menuju kepada cyberbully akan terurai dan menjauh dari kehidupan kita. Karena betapa indahnya jika hidup kita ini dihiasi dengan cinta.
Sumber:
1. Priyatna Andri, Lets End Bullying Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Bullying, Penerbit PT. Elex Media Komputindo, Jakarta 2010.
2. Yuliandi kusuma, Internet Untuk Anak Tercinta, Penerbit Grasindo Jakarta 2011
3. Rachmania Annisa, Internet Sehat, Facebook dan Twitter, Penerbit Penebar Plus, Jakarta 2009
4. Dokumen Pribadi
Tag : artikel
0 Komentar untuk "stop cyberbully. tebarkan semangat damai didunia maya"

Adab berkomentar : #1 Dont OOT #2 Jangan Nyepam #Bukan Link Hidup Komentar yang dianggap SPAM akan dihapus secara otomatis

Back To Top