Selamat datang di http://bg-io.blogspot.com jangan lupa tinggalkan jejak anda agar saya bisa berkunjung balik

Selasa, 23 April 2013

sejarah motto dayak : adil ka' talino bacuramin ka saruga basengat ka' jubata



Moto dan Falsafah Hidup orang Dayak "ADIL KA' TALINO BACURAMIN KA' SARUGA BASENGAT KA' JUBATA" ; Moto tersebut berasal dari bahasa Dayak Kanayatn (Ind. Kendayan) yg populasinya menyebar di Kabupaten KUBU RAYA, Kota PONTIANAK, Kabupaten PONTIANAK, Kota SINGKAWANG, Kabupaten SAMBAS, Kabupaten BENGKAYANG, Kabupaten LANDAK, sebagian Kabupaten SANGGAU, sebagian Kabupaten KETAPANG Kalimantan Barat dan sebagian lagi di SARAWAK / Malaysia Timur (karena letak geografis, mereka menjadi Warga Negara Malaysia).

Pada suatu kesempatan dalam MUSDAT (Musyawarah Adat) Dayak Kanayatn tahun 2002. di NGABANG (Ibu Kota Kabupaten LANDAK), kami:

  1. Alm. Bapak BAHAUDIN KAY, beliau adalah "Penggagas, Pencetus" moto Dayak tsb dan saat itu sekaligus sbg Pengurus Dewan Adat Dayak Kanayatn Kab.Landak & Kab.Pontianak.
  2. Alm.Bpk.RACHMAD SAHUDIN Bsc. beliau saat itu adalah Ketua MAD (Majelis Adat Dayak) Prov.KALBAR dan 
  3. PIET PAGAU, saat itu saya (nara sumber) adalah Penasihat Dewan Adat Dayak Kanayatn Kab.LANDAK dan juga sebagai Penasihat MAD Prov.Kalbar.
Dalam pertemuan khusus dan terbatas tersebut kami membahas: 
  • Usulan peserta agar mengganti kata SARUGA menjadi SUBAYATN (=Surga dalam bahasa Dayak Kanayatn). Berkenaan moto ini sdh tersebar meluas maka kami menyepakati tetap menggunakan kata SARUGA... 
  • Kami bertiga bersepakat, terjemahan bebas (umum) dari Moto dan Falsafah Hidup orang Dayak ADIL KA' TALINO BACURAMIN KA' SARUGA BASENGAT KA' JUBATA adalah sebagai berikut: DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA KUASA DAN DENGAN BERPEDOMAN PADA AJARAN AGAMA / KEPERCAYAAN, BERSIKAP ADIL TERHADAP SESAMA MANUSIA.

Catatan: arti kata perkata sebagai berikut : adil = adil, ka' = ke, talino = manusia, bacuramin = bercermin, ka' = ke, saruga = surga, basengat = bernapas, ka' = ke, Jubata = Tuhan. Moto ini juga dijadikan salam dalam setiap pertemuan, jika ada yg memberi salam dgn moto tsb maka yg diberi salam menjawab dgn kata ARUS, ARUS, ARUS... (arus = amin).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar