The art of publishing

cara atasi stress

Stres dapat berakibat buruk bagi kesehatan Anda dan kadangkala pernikahan menjadi salah satu pemicunya. Bahkan penelitian terbaru menunjukkan bahwa stres akibat pernikahan pengaruhnya sama buruknya untuk kesehatan seperti jika Anda merokok.

Psikoterapis dan penulis buku 'Money, Sex, and Kids: Stop Fighting About the Three Things That Can Ruin Your Marriage' Tina Tessina juga menegaskan, "Rumah adalah tempat dimana kita seharusnya merasa aman dan rileks dari rasa stres di kehidupan luar." Menurutnya, stres di rumah dapat mengakibatkan kerusakan fisik.

Berikut adalah delapan tips untuk mengatasi stres dalam pernikahan seperti dilansir dari Baby Center.

1. Lebih Banyak Bercinta
Menurut terapis seks dan penulis buku 'Love in the Time of Colic' Ian Kerner, berhubungan seks dapat mengurangi rasa stres dan membuat Anda merasa lebih bertenaga. Pasangan yang bercinta secara rutin merasa hidup dan hubungannya lebih baik sehingga tidak terlalu merasa stres. Jika gairah Anda sedang menurun karena berada dalam tekanan, rayulah tubuh Anda maka pikiran Anda pun akan mengikutinya.

2. Sentuhan Fisik
Penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang menghabiskan banyak waktu untuk berpelukan dan berciuman memiliki hormon stres yang lebih rendah dalam tubuhnya. Maka itu, jika bercinta tidak menjadi pilihan Anda maka sebagai alternatifnya Anda dan pasangan dapat lebih intensif melakukan sentuhan fisik yang dapat menurunkan hormon pemicu stress.

3. Bekerjasama
Menurut Tessina, jika Anda dan pasangan sedang berbeda pendapat maka lebih baik untuk fokus pada apa yang bisa dilakukan daripada memikirkan siapa yang benar dan salah. Pasangan yang baik mencoba menyelesaikan masalah yang ada dengan mengidentifikasi permasalahan dan bersama-sama mencari solusinya.

4. Memprioritaskan Hubungan
Saat mulai memiliki momongan, hubungan dengan suami umumnya tidak lagi diprioritaskan karena kesibukan mengurus buah hati. Untuk mendekatkan kembali hubungan suami-istri, lakukanlah kencan secara rutin dan carilah kegiatan baru agar hubungan Anda dengan suami tidak terasa membosankan. Menurut Kerner, melindungi pernikahan harus diprioritaskan karena penting bagi buah hati untuk melihat kedekatan dan kebahagiaan kedua orangtuanya.

5. Menghargai
Tidak ada manusia yang sempurna, untuk itu hargailah setiap usaha yang dilakukan suami untuk membuat Anda bahagia. Menurut Tessina, pasangan yang bahagia tahu bagaimana harus menunjukkan rasa syukur dan apresiasi mereka karena mereka merayakan cinta yang ada.

6. Mendengarkan
Kebanyakan pasangan yang sedang berdebat karena beda pendapat cenderung saling berteriak dengan suara keras. Padahal, dengan saling berteriak hanya akan memicu emosi antara Anda dan pasangan serta tidak dapat menyelesaikan masalah. Untuk itu, mulailah mendengarkan pendapat pasangan saat sedang berdebat tanpa memotongnya dan keluarkanlah pendapat Anda setelah si dia selesai berbicara.

7. Me Time
Keseharian Anda yang disibukkan dengan mengurus rumah tangga butuh penyegaran dengan sesekali melakukan me time, seperti liburan dengan sahabat atau pergi ke tempat spa. Selain dapat menyegarkan kembali hubungan, hal tersebut juga membuat Anda dan suami merindukan satu sama lain.

8. Bersenang-senang
Sesekali lupakanlah tanggungjawab mengurus buah hati ataupun urusan keuangan dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama suami. Menurut Kerner, melakukan sesuatu yang disukai oleh Anda dan suami dapat dijadikan ajang berbagi pengalaman dan mengingatkan bahwa hidup tidak sepenuhnya tentang tanggungjawab. Kegiatan yang dapat dipilih antara lain seperti liburan berdua, berdansa, atau berolahraga bersama.


sumber : wolipop.detik.com

gambar : gopar-site.blogspot.com
Tag : artikel, warkop
0 Komentar untuk "cara atasi stress"

Adab berkomentar : #1 Dont OOT #2 Jangan Nyepam #Bukan Link Hidup Komentar yang dianggap SPAM akan dihapus secara otomatis

Back To Top