The art of publishing

10 langkah atasi stress dan 5 cara atasi stres saat macet dijalan raya

marah
Berikut adalah beberapa saran praktis untuk mengatasi marah.
1. Ketika anda marah jangan mengatakan apa-apa.

Jika kita berbicara dalam rasa marah, kita pasti akan memperburuk situasi dan sangat mungkin menyakiti perasaan orang lain. Jika kita berbicara dalam rasa marah, kita mungkin akan menemukan bahwa orang-orang akan menanggapi dengan rasa marah juga, menciptakan sebuah lingkaran kemarahan. Namun jika kita bisa menjaga untuk tetap diam, maka akan memberikan waktu untuk emosi kemarahan meninggalkan kita.
.
“Ketika marah, hitunglah sampai sepuluh sebelum anda berbicara. Jika anda sangat marah, hitunglah sampai seratus. ”
- Thomas Jefferson –
2. Acuhkan terhadap orang-orang yang berusaha membuat kita marah.
Sialnya, beberapa orang mungkin memiliki niat jahat dengan mencoba membuat anda marah dan mengambil kesenangan dari anda. Namun jika kita bisa mengacuhkan kata-kata mereka dan tidak merespon dengan cara apapun provokasi mereka, mereka akan kehilangan minat dan tidak mengganggu kita di waktu mendatang.
3. Gunakan alasan untuk menghentikan kemarahan.
Ketika kita marah, katakan kepada diri sendiri “kemarahan ini tidak akan membantu saya dengan cara apapun. Kemarahan ini akan membuat situasi lebih buruk.” Bahkan jika sebagian dari kita masih marah, suara batin kita akan membantu kita untuk menjauhkan diri dari emosi kemarahan
4. Bersikap baik pada orang lain.
Visualisasi lain yang disarankan oleh seorang guru spiritual adalah melihat agen kemarahan sebagai anak berusia 5 tahun. Jika anda berpikir tentang orang lain sebagai anak berusia 5 tahun yang tak berdaya, kasih sayang dan pengampunan anda yang akan muncul. Jika adik kecil anda tidak sengaja menusuk anda, anda tidak akan merasakan kemarahan dan keinginan untuk membalas. Sebaliknya anda hanya akan merasa dia masih terlalu muda dan perlu tahu hal-hal yang lebih baik. Latihan ini mungkin sangat berguna bagi anggota keluarga dekat yang kadang-kadang menimbulkan rasa marah anda.
5. Nilai perdamaian jauh lebih tinggi dibanding rasa marah.
Jika kita menghargai ketenangan pikiran sebagai harta kita yang paling penting, kita tentu saja tidak akan membiarkan kemarahan tetap ada dalam sistem kita. Seperti Sri Chinmoy pernah katakan :
“Anda mungkin punya hak untuk marah dengan seseorang, tetapi anda tahu bahwa dengan marah kepadanya anda hanya akan kehilangan kedamaian pikiran anda yang berharga ..”
6. Selalu mencoba untuk memahami mereka yang marah pada anda.
Jangan khawatir jika anda memiliki perasaan untuk membela diri dari kritik mereka. Jika anda dapat tetap tenang, mereka mungkin mulai merasa bersalah melampiaskan kemarahan mereka pada anda. Terinspirasi oleh contoh ketenangan anda, mereka akan sadar dan berusaha untuk melakukan hal yang sama.
7. Fokus pada sesuatu yang sama sekali berbeda.

Misalkan seseorang telah melakukan sesuatu yang membuat anda marah. Pikirkan tentang sesuatu yang akan membuat anda bahagia. Penangkal terbaik untuk negatif adalah fokus pada yang positif.
8. Tarik nafas dalam-dalam.
Tindakan sederhana dengan menarik nafas dalam-dalam akan sangat membantu anda dalam menghilangkan kemarahan.
9. Meditasi.
Berlatih meditasi secara teratur untuk membawa kedamaian batin anda kedepan. Jika kita dapat memiliki akses menuju kedamaian batin, maka kita akan mampu memanfaatkan hal ini selama masa pengujian.
10. Tersenyum.
Ketika kita tersenyum kita meredakan banyak situasi negatif. Tersenyum adalah cara menawarkan niat baik kepada orang lain. Tersenyum tidak memerlukan biaya apa-apa, selain efektif dapat meredakan situasi tegang.

5 Cara Bebas Stress di Tengah Kemacetan

kemacetan
Bepergian dengan mobil pribadi mungkin menjadi salah satu pilihan transportasi bagi kebanyakan orang. Namun, kemacetan yang parah di kota-kota besar bisa membuat kegiatan menyetir menjadi sesuatu yang sangat melelahkan. Tambahan lengkingan klakson, kendaraan lain yang menyerobot jalur, dan angkutan umum yang berhenti makin mendongkrak tingkat stres anda di jalanan. Dan anda harus waspada dengan kondisi ini. Menurut The American Institute of Stress, stres dalam jangka panjang berakibat buruk bagi kesehatan jantung, reproduksi, dan pencernaan. Belum lagi masalah emosional seperti depresi dan rasa khawatir yang berlebihan. Agar semua ini tak berbuntut panjang bagi anda, berikut kami berikan beberapa tip agar anda tetap relaks ketika berkendara di tengah kemacetan.
1. Berangkat Lebih Awal
Anda terjebak di jalan bersama ratusan mobil lain sedangkan ada presentasi penting 15 menit lagi. Lampu lalu lintas pun seolah bersekongkol untuk menghambat anda ke tujuan. Rentetan nyaring bunyi klakson sama sekali tidak menolong membubarkan kemacetan. Di balik kekesalan Anda dengan ruwetnya jalanan, sempat tebersit penyesalan kenapa tidak berangkat lebih awal. Ya, takut terlambat adalah salah satu penyebab utama anda merasa stres ketika berkendara. Maka, selalu alokasikan waktu lebih dengan berangkat lebih cepat ketika ingin berkendara ke suatu tempat. Mungkin akan terasa sulit pada awalnya, apalagi jika anda seseorang yang supersibuk. Tapi, dengan mulai membiasakan diri meluangkan waktu lebih, anda dapat mencegah stres.
2. Sediakan Cemilan
Menyetir dalam jangka waktu lama dapat menguras energi. Perut kosong bisa membuat emosi anda lebih gampang tersulut dan mendatangkan stres. Tentunya agak sulit untuk mencari tempat makan di saat anda sedang berjuang dengan kemacetan, bukan? Karena itu, selalu siapkan snack di mobil anda. Tentu saja, bukan jenis camilan berkalori tinggi seperti gorengan atau nachos. Pilihlah kacang-kacangan, terutama almond, sebagai camilan dalam perjalanan anda. Kandungan vitamin B2, vitamin E, magnesium dan zinc dalam almond berperan besar memperbaiki mood dan menghalau stres. Camilan lain seperti kismis dapat mengembalikan energi anda yang terbuang selama mengemudi.
3. Redakan dengan Aroma
Taruhlah wewangian beraroma peppermint atau lavender di mobil anda untuk mengurangi stres. Penelitian dari University of Marlyand Médical Center menemukan, kedua aroma wewangian tersebut dapat mengurangi rasa lelah dan meredakan stres. Alternatif lain adalah dengan mengunyah permen karet rasa peppermint.
4. Maksimalkan Perangkat Audio
Perangkat audio di mobil anda tentunya bukan hanya pemanis di dashboard. Berbagai fitur mulai dari radio, TV hingga GPS kini sudah menjadi standar di mobil-mobil terbaru. Dengarkan lagu favorit anda untuk menurunkan ketegangan berlebihan selama mengemudi. Menurut ELizabeth Scott, M.S., pengarang 8 Keys to Stress Management, musik dapat memberikan kebahagiaan dan menjadi obat stres yang sangat ampuh. Selain itu, kenapa tidak mencoba meningkatkan kemampuan bahasa anda selama berkendara? Saat ini sudah banyak CD audio untuk belajar berbagai bahasa asing. Anda bisa melepas stres sekaligus merayu si dia dengan bahasa Perancis yang baru anda pelajari. Jet’aime mon chéri….
5. Ubah Rutinitas
Seberapa sering anda melewati jalan yang sama dari rumah ke kantor dan sebaliknya? Setiap hari? Rutinitas yang sama setiap hari akan menciptakan kebosanan. Cobalah sekali-kali untuk mengubah rute perjalanan anda dengan mencari jalan alternatif yang baru. Siapa tahu, anda bisa menemukan rute yang lebih lancar. Selain itu, dengan melihat hal-hal baru selama perjalanan, anda dapat mengurangi risiko timbulnya stres. Tapi ingat, jangan sampai anda malah kesasar. Gunakanlah peta atau GPS untuk mengantisipasi kemungkinan tersesat.
Tag : artikel
0 Komentar untuk "10 langkah atasi stress dan 5 cara atasi stres saat macet dijalan raya"

Adab berkomentar : #1 Dont OOT #2 Jangan Nyepam #Bukan Link Hidup Komentar yang dianggap SPAM akan dihapus secara otomatis

Back To Top