The art of publishing

badak sumatera yang langka terfoto di borneo

Sumatran RhinoPara ahli satwa liar sedang heboh dengan foto baru Badak Sumatera yang langka yang ditemukan di pulau Kalimantan bagian Malaysia. Badak ini diduga sedang bunting dan kelahiran anak badak baru akan menjadi tali penyelamat bagi spesies yang hampir punah ini.
Hanya tinggal 30 ekor badak liar diperkirakan hidup di pulau Kalimantan dan para peneliti hanya dapat memonitor satwa pemalu ini melalui foto yang diambil menggunakan perangkap kamera.
Berita ini muncul setelah Ratu, badak Sumatera betina muda di Suaka Rhino Sumatera di Taman Nasional Way Kambas mengalami keguguran bulan lalu. Kejadian itu merupakan pukulan besar terhadap usaha menyelamatkan badak Sumatera dari kepunahan.
Menurut World Wildlife Fund (WWF) cabang Malaysia, foto badak di Kalimantan diambil menggunakan perangkap kamera pada bulan Februari. Badak tersebut dipercaya merupakan badak betina bunting berumur kurang dari 20 tahun.
“Hanya ada sedikit badak Sumatera yang tersisa di dunia ini sehingga setiap anak badak yang dilahirkan merupakan tali penyelamat bagi spesies ini,” kata Terry Roth, ahli badak internasional.
Subspesies Kalimantan merupakan yang paling langka diantara semua. Subspesies ini dibedakan dari badak Sumatera lainnya berdasarkan ukurannya tubuh dan giginya yang relatif kecil dan bentuk kepalanya yang khas.
Badak Sumatera merupakan salah satu satwa terlangka di dunia, hanya sedikit kantung-kantung populasi yang tersisa di pulau Sumatera, Kalimantan Utara, dan Semenanjung Malaysia.
Laurentius Ambu, Direktur Satwa Liar untuk Sabah, dimana badak Sumatera tersebut ditemukan, mengatakah dua ekor anak badak juga pernah terlihat berada di daerah yang sama dan mendorong pemerintah pusat untuk lebih perhatian. “Perlindungan habitat dan penegakan hukum merupakan dua strategi utama untuk menjamin bertahannya populasi badak dalam hutan lindung,” katanya.
WWF mengatakan bahwa masa depan badak di Kalimantan tergantung pada usaha-usaha untuk melestarikan habitatnya, yang saat ini terancam oleh semakin meluasnya perkebunan kelapa sawit.
Foto langka dari badak Sumatera yang diduga sedang bunting ini diambil di hutan Malaysia, para ahli mengatakan hal ini merupakan penemuan yang sangat baik bagi masa depan satwa langka ini. (AFP Photo/WWF-Malaysia/Borneo Species Program)
Sumber : The Jakarta Globe
Tag : artikel
0 Komentar untuk "badak sumatera yang langka terfoto di borneo"

Adab berkomentar : #1 Dont OOT #2 Jangan Nyepam #Bukan Link Hidup Komentar yang dianggap SPAM akan dihapus secara otomatis

Back To Top